Waktu Masuknya Islam ke Indonesia



Waktu Masuknya Islam ke Indonesia
Waktu Masuknya Islam ke Indonesia

Beberapa Pendapat Masuknya Islam

Ada beberapa pendapat tentang kapan Islam mulai masuk dan berkembang di Indonesia.

#Pendapat Pertama


Pendapat pertama mengatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia mulai abad ke-7. Para ahli yang mendukung pendapat ini, antara lain, Hamka dan Zaenal Arifin Abbas. Adapun alasan-alasannya adalah sebagai berikut:
  1. Antara abad ke-7-8 para pedagang Islam telah memegang peranan penting di Selat Malaka.
  2. Bedasarkan berita Cina, pada tahun 674 telah dijumpai orang Islam di jawa.
  3. Pada abad ke-7 M, hubungan perdagangan antara Cina-India-Asia barat melalui Indonesia sudah sangat ramai.
  4. Berita Cina tentang adanya kerajaan Taa Chi di Melayu yang telah menjalin hubungan diplomatik dengan Cina antara tahun 630-655. Taa Chi adalah sebutan Cina untuk orang-orang Islam.
  5. Berita dari Arab yang menyebutkan bahwa para pedagang Arah telah melakukan kegiatan perdagangan dengan penduduk Indonesia sejak masa perkembangan kerajaan Sriwijaya pada abad ke-7 Masehi. Hal ini terbukti dengan sebutan, Zabag, Zabay, atau Sribuza terhadap kerajaan Sriijaya

#Pendapat Kedua


Pendapat kedua, mengatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-11. Pendapat ini dadasarkan pada bukti adanya batu Nisan Fatimah Binti Maimun yang dikenal dengan batu Leran yang ditemukan di dekat Gresik, Jawa Timur. Nisan ini berangka tahun 1082 Masehi (abad ke-11 M).


#Pendapat Ketiga


Pendapat ketiga, mengatakan bahwa Islam masuk Indonesia pada abad ke-13. Pendapat ini, antara lain, dikemukakan oleh Snouck Hurgronje dan R.Soekmono. Adapun alasan-alasannya adalah sebagai berikut:
  1. Catatan Marcopolo yang mengatakan bahwa pada abad ke-13 Islam telah berkembang di Sumatra Utara. Marcopolo merupakan musafir dari Venesia yang melakukan perjalanan ke Cina pada tahun 1291 ia singgah di Aceh Utara.
  2. Adanya nisan Sultan Malik al Saleh yang berangka tahun 1297.
Dari ketiga pendapat tersebut maka dapat disimpulkan bahwa agama Islam mulai masuk dan berkembang di Indonesia antara abad ke-7-13 M. Pada abad ke-7 yang merupakan masa awal kedatangan agama Islam, penyiaran agama Islam dilakukan oleh para pedagang Arab, Persia dan India. Pada masa ini, baru sebagian kecil penduduk saja yang bersedia menganut agama Islam. Hal ini karena mereka masih dalam kekuasaan raja-raja Hindu-Buddha.

Perjalanan Islam
Perjalanan Islam

Pada abad-abad selanjutnya, para pedagang dari India, Arab, Persia, makin giat menyebarkan Islam di daerah yang mereka kunjungi terutama di daerah-daerah pusat perdagangan. Para pedagang Indonesia yang sudah masuk Islam pun akhirnya juga ikut berperan dalam penyebaran Islam di berbagai wilayah Indonesia. Akibatnya, pengaruh Islam di Indonesia makin bertambah luas di kalangan masyarakat terutama daerah pantai.

Seiring dengan kemunduran Sriwijaya, para pedagang Islam semakin giat melakukan peran politiknya. Mereka ikut mendukung daerah pantai yang ingin melepaskan diri dari kekuasaan Sriwijaya. Pada akhir abad ke-13 atau sekitar tahun 1285 berdirilah kerajaan bercorak Islam, yang bernama Samudra Pasai.

Pada Abad ke-15 kerajaan Majapahit mulai mengalami kemunduran dan runtuh pada tahun 1478. Runtuhnya Majapahit ini sangat memberi peluang terhadap tumbuh dan berkembangnya kerajaan-kerajaan Islam. Pada tahun 1500, Demak berdiri sebagai kerajaan Islam pertama di Jawa. Berkembangnya kerajaan Demak sebagai kerajaan Islam kemudian disusul berdirinya kerajaan Banten dan kerajaan Cirebon.

Baca juga tentang Kronologi Masuknya Islam di Indonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Make Money with Infolinks