POTENSI DIRI untuk MERAIH PRESTASI

Apa yang Anda ketahui tentang potensi diri? Potensi apa yang Anda miliki?

Potensi berasal dari bahasa Inggris to potent yang berarti keras, kuat. Orang yang berpotensi berarti orang yang mempunyai kekuatan atau orang yang mempunyai kemampuan.

potensi diri untuk meraih prestasi
Potensi diri untuk meraih prestasi

Dalam kamus umum bahasa Indonesia, potensi adalah kemampuan dan kualitas yang dimiliki oleh seorang namun belum dipergunakan secara maksimal.

Di era globalisasi yang syarat dengan kompetisi atau persaingan diperlukan pengenalan potensi diri demi meraih prestasi. Di bidang perdagangan, suatu perusahaan dengan gigih mengadakan promosi secara besar-besaran.

Langkah pertama yang dilakukan sebagai bagian dari potensi adalah mengenali peluang agar produknya dapat diterima masyarakat. Contohnya seperti memperkenalkan produknya di Televisi.

Hal ini tidak hanya di lingkungan perdagangan saja, akan tetapi di ranah politik pun juga terjadi. Di bidang politik dan pemerintahan kita dapat melihat adanya perhelatan partai politik. Ketika akan terjadi Suksesi (pergantian pemimpin) secara periodik para kandidat atau calon-calon pemimpim melakukan serangkaian aktivitas dengan menunjukkan potensinya masing-masing, bahwa patut dipilih sebagai pemimpin masa depan.

Ada kriteria lain yang harus dipenuhi oleh seorang yang berprestasi. Kriteria yang dimiliki seseorang agar dapat berprestasi sebagai berikut :

1. Memiliki sifat idealisme yang tinggi

Idealisme yang tinggi artinya, selalu mencari sesuatu yang ideal sesuai dengan cita-citanya dan memiliki gagasan-gagasan yang bagus untuk diwujudkan.

2. Memiliki potensi yang bersifat dinamis dan kreatif

Potensi dinamis dan kreatif artinya, mempunyai kemampuan yang senantiasa bergerak aktif mengikuti perubahan, pembaharuan, dan penyempurnaan menuju ke arah kemajuan.

3. Memiliki bakat

Bakat seseorang akan tampak dalam kondisi yang kondusif, yaitu keadaan yang dapat mendukung prestasi diri. Biasanya bakat setiap orang berbeda-beda. Misalnya, seseorang yang memiliki bakat penyanyi akan lebih baik dibanding dengan orang yang tidak memiliki bakat menyanyi ketika tampil bernyanyi di depan publik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Make Money with Infolinks