Galaksi Kesepian di Luar Angkasa




Galaksi Kesepian di Luar Angkasa
Galaksi Kesepian di Luar Angkasa

Kebanyakan galaksi adalah bekelompok dan bersama-sama dalam kelompoknya, atau biasa disebut dengan cluster. Galaksi tidak pernah jauh dari tetangganya. Tapi lain dengan galaksi ini, yang dikenal sebagai NGC 6503, telah menemukan dirinya dalam posisi yang kesepian, di tepi ruang kosong yang disebut dengan Void Local.

Void Local adalah bentangan ruang besar yang setidaknya sejarak 150 juta tahun cahaya. Ruangan ini tampaknya benar-benar kosong dari bintang atau galaksi. Stephen James O'Meara menjulukinya sebagai "Lost-In-Space Galaxy" dalam bukunya Hidden Treasures, 2007.

NGC 6503 adalah 18 juta tahun cahaya dari kita di konstelasi sirkumpolar utara Draco. NGC 6503 mencakup sekitar 30.000 tahun cahaya, sekitar sepertiga dari ukuran Bima Sakit (Milky way).

Gambar yang diambil dari Hubble Space Telescope ini menunjukkan NGC 6503 sangat mencolok detail dan penuh dengan warna. Warna terang bercak merah tersebut adalah gas yang dapat dilihat tersebar melalui spiral yang berputar-putar, dicampur dengan daerah biru terang yang mengandung bintang biru. Debu bewarna cokelat gelap seperti jalur ular di lengan galaksi dan pusat galaksi, memberikan penampilan yang berbintik-bintik.

Dari Hubble Advanced Camera Suervei, data untuk NGC 6503 diambil pada bulan April 2003, dan data Wide Field Camera 3 diambil pada bulan Agustus tahun 2013.

Teleskop luar angkasa Hubble adalah sebuah proyek kerjasama internasional NASA dan European Space Agency. NASA Goddard Space Flight Center di Greenbelt, Maryland, mengelola teleskop. Space Teleskop Science Institute (STScI) di Baltimore melakukan operasi ilmu Hubble. STScI dioperasikan untuk NASA oleh Asosiasi Universitas Riset di Astronomi, Inc, di Washington, DC.

Photo Credit: NASA, ESA, D. Calzetti (University of Massachusetts), H. Ford (Johns Hopkins University), dan Heritage Tim Hubble


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Make Money with Infolinks