Peers Hubble ke tempat Paling Ramai di Bima Sakti



Keramaian bintang di gugusan galaksi bima sakti
Keramaian bintang di gugusan galaksi bima sakti

Gambar NASA/ESA Hubble Space Telescope ini menampilkan Arches Cluster (gugusan Arches), tempat terpadat atau teramai di gugusan bintang Bima Sakti. Jika diperkirakan jaraknya sekitar 25.000 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Sagitarius atau disebut dengan The Archer, dekat dengan jantung galaksi kita, Bima Sakti (Milky Way). Hal ini, seperti tetangganya yang terdiri dari lima bagian, benda astronomi yang cukup muda pada usia antara dua dan empat juta tahun.

The Arches Cluster begitu ramai, begitu padat di daerah dengan radius sama dengan jarak antara Matahari dan bintang terdekatnya, lebih dari 100.000 bintang! Setidaknya 150 bintang dalam gugusan antara yang terang yang pernah ditemukan di Bima Sakti.

Bintang-bintang ini begitu cerah dan besar, namun mereka akan membakar bahan bakar mereka dalam waktu yang singkat dalam artian pada skala kosmologis yang berarti hanya beberapa juta tahun. Kemudian bintang-bintang tersebut akan mati dalam ledakan supernova yang spektakuler. Karena bintang-bintang tersebut mengandung gas bintang dengan jumlah yang sangat tinggi.

Keindahan dari cahaya bintang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Untuk dapat melihat gugusan bintang tersebut para astronom menggunakan detektor yang dapat mengumpulkan cahaya dari X-ray, inframerah, dan bandwidth radio, sebagai panjang gelombang yang dapat melewati awan dan debu.

Gambar: NASA / ESA
Teks kredit: Badan Antariksa Eropa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Make Money with Infolinks