Ciri-Ciri Masyarakat Global

Ciri-Ciri Masyarakat Global
Ciri-Ciri Masyarakat Global



Berbicara tentang globalisasi tentu tidak lepas dari kehidupan yang modern, begitu pula corak kehidupan masyarakat. Masyarakat global merupakan bagian dari masyarakat modern. Mereka memiliki sifat terbuka, logis, praktis,  berpikir luas, dan tidak fanatik. Pada umumnya mereka selalu menghargai waktu, disiplin serta memiliki pola pikir yang luas namun tidak berbelit-belit. Jadi masyarakat global adalah masyarakat yang memiliki cara berpikir yang luas dan terbuka, khususnya dalam menanggapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selain dari sifat-sifat di atas, masyarakat global memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Percaya pada diri sendiri, mampu mengatasi persoalan dengan sebaik-baiknya, dan mempunyai keyakinan yang mantap untuk meningkatkan mutum tujuan dan sasaran hidupnya.
  2. Memiliki perencanaan yang baik dalam kehidupan pribadinya maupun yang berhubungan dengan lingkungannya, serta menunjukkan sifat menghargai orang lain, jujur, adil, dan sadar bahwa ia tidak dapat hidup sendiri tanpa berhubungan dan bergantung kepada orang lain.
  3. Selalu mengikuti perkembangan zaman dengan meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Pada umumnya pola hidup masyarakat global sebagai masyarakat modern selalu terlibat dalam berbagai aktivitas atau kegiatan yang menuju kepada dinamisasi, baik pola pikir maupun pola kehidupannya, dan selalu mengadakan perencanaan yang baik, teratur, serta terfokus. Oleh karena itu tercipta suatu organisasi dan rencana kerja yang mantap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Make Money with Infolinks