Olahraga sederhana yang dilakukan sebelum mendaki Gunung

Mendaki gunung
Mendaki gunung


Saat ini, mendaki gunung sedang naik daun. Banyak yang ingin merasakan sensasi indahnya pemandangan alam dan sehatnya tubuh jika mendaki gunung hingga puncak. Eits, tapi Anda jangan nekat untuk pergi sebelum melakukan persiapan, khususnya fisik Anda.





Berikut ini beberapa alternatif pilihan olahraga yang dirangkum dari berbagai sumber kesehatan yang bermanfaat sebagai persiapan Anda sebelum mendaki gunung.

  1. Lari, Olahraga lari merupakan olahraga kardio yang paling sederhana dan penting Anda lakukan. Lari dapat memperkuat otot kaki, sehingga saat Anda mendaki gunung jadi tidak mudah terasa lelah. Lakukan rutin setiap pagi atau sore selama satu bulan sebelum pendakian. Jarak lari yang harus Anda tempuh dan latih berkisar 500 m - 800 m, dengan begitu kaki Anda jadi lebih terasa kuat dan kencang.
  2. Bersepeda di Jalan Menanjak, Setiap 4 hari sekali Anda bisa ganti rutinitas lari dengan bersepeda. Dimulai dengan hanya berputar-putar saja dulu kelilingi wilayah perumahan Anda atau lapangan, berikutnya Anda perlu lakukan bersepeda di medan yang menanjak. Bersepeda di jalan menanjak dapat membantu otot kaki Anda semakin kuat sehingga Anda akan terbiasa dan mampu menaklukan perjalanan pendakian hingga puncak gunung.
  3. Push-up, Kekuatan otot kaki memang menjadi modal utama Anda untuk bisa kuat menempuh pendakian gunung sampai puncaknya. Sadarkah Anda bahwa kekuatan otot tangan juga diperlukan. Ini berfungsi untuk menyeimbangkan dan membantu Anda saat merangkak atau memanjat dengan medan yang terjal. Latihan push-up setiap hari dan tidak perlu banyak-banyak, cukup 10x10 hitungan saja setiap habis lari dan bersepeda.
  4. Renang, Jalan yang jauh saja sudah membuat napas kita terengah-engah bukan? Apalagi jika Anda ingin mendaki gunung sampai puncaknya ditambah membawa tas yang berat, Anda membutuhkan napas yang baik biar tidak mudah lelah dan 'ngos-ngosan'. Dengan berenang dua kali seminggu, Anda dapat mendapatkan latihan pernafasan jadi lebih teratur. Berenang juga mampu menguatkan secara bersamaan antara otot tangan dan kaki Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Make Money with Infolinks