Syarat Olahraga yang Baik dan Benar


Supaya Anda memahami cara berolahraga yang benar, ada baiknya mengkonsultasikan kepada dokter ahli, sebelum memulainya. Menurut Dr. Mohamad Nasrun, SpKO, olahraga yang baik dan benar yaitu bila memenuhi unsur Frekuensi, Intensitas, Tempo.



Frekuensinya tiga kali seminggu, dengan intensitas 65-85% dari denyut nadi maksimal, lalu tempo atau durasinya kira-kira 30-40 menit. Kalau itu dilakukan dengan baik, maka kita akan fit. Kita tidak hanya merasa segar tapi juga terhindar dari penyakit.

Terutama bagi orang tua, olahraga tidak hanya mengatasi letih-lesu, tapi mengurangi risiko ancaman hipertensi, jantung koroner, diabetes, dan osteoporosis. Berat badan serta kadar lemak tubuh bakal terjaga pula. Dan yang penting juga, lanjutnya, dengan olahraga kita mendapatkan rasa riang gembira. Jadi bila olahraga teratur, kegembiraan pasti selalu datang. Dengan begitu olahraga pun bermanfaat menangkal stres. Tak ada olahraga khusus bagi orang tua.


Yang penting mudah dilakukan, mudah dicapai tempatnya, murah, dan tidak membosankan. Yang populer adalah jalan kaki, joging, berenang, bersepeda, lintas alam, tennis, dan bulutangkis. "Kalau hanya golf, tidak bisa meningkatkan kebugaran.

Pada usia 40 ke atas karena banyak yang masih berprestasi di tempat kerja, biar pun sibuk tetap harus menyediakan waktu olahraga. Seringkali terlontar alasan, tidak ada waktu atau tidak sempat. Padahal jika ada kemauan, semua bisa diatur. Olahraga tidak harus pagi hari, bisa siang, sore, dan malah hari, asal tidak mepet waktu tidur.



Ada juga yang berdalih, naik-turun tangga empat lantai di kantor pun sudah olahraga. "Kekuatan otot memang tercapai, tapi tempo belum terpenuhi. Jadi manfaat untuk meningkatkan kesegaran dengan meningkatkan kemampuan kardiovaskular, tidak terpenuhi. Padahal itu komponen terpenting terutama pada usia 40 tahun ke atas, di samping kekuatan otot," tegas Dr. Nasrun.



Bila Anda berusia 40 tahun dan baru memulai olahraga, tentu lebih baik, daripada di usia 45 tahun tahu-tahu bungkuk. Olahraga juga berguna untuk meningkatkan kepadatan tulang. Pasti kaum senior berharap, masih sanggup berjalan tegak di usia senja. Tidak sampai melempar kaki, apalagi menyeretnya ketika berjalan. Olahraga tidak sekadar mengusir 3L, namun bisa juga meningkatkan prestasi. Jadi berolahragalah secara teratur supaya tetap sehat, bugar, dan berprestasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Make Money with Infolinks

SEO Stats powered by MyPagerank.Net