Kekuatan Militer Indonesia di Segani oleh Dunia

Dari dulu, sejak zaman penjajahan, Indonesia memang sudah dikenal dengan kekuatan militernya. Mulai dari peralatan sistem persenjataan (alutsista) modern dan dikenal serta pasukan khususnya yang menjadi legenda. Hasil semua ini dari jerih payah dan kerja keras dari para pendahulu kita.

Berkat jasa para pendahululah Indonesia terkenal di kancah dunia, terutama dari segi kekuatan militer Indonesia yang kala itu dianggap sangat kuat, penuh misteri dan sulit untuk diprediksi.

Indonesia merupakan negara yang paling disegani bahkan ditakuti oleh beberapa negara, termasuk Amerika Serikat.


Kekuatan Militer Indonesia Era Soekarno di Wilayah Bumi Selatan


Di tengah-tengah era kePresiden Soekarno, kekuatan militer Indonesia sempat menjadi salah satu kekuatan militer terkuat dan terbesar di dunia. Bahkan, pada era tersebut kekuatan militer Belanda masih belum sebanding dengan Indonesia.

Amerika Serikat yang dikenal sebagai negara adidaya pun sangat khawatir dengan perkembangan kekuatan militer Indonesia yang disokong secara besar-besaran oleh teknologi terbaru buatan Uni Soviet (Rusia).

Akrabnya antara pemerintah Indonesia dengan Uni Soviet membuahkan hasil, salah satunya yaitu kekuatan militer Indonesia mendapatkan bantuan yang tak tanggung-tanggung, kisaran bantuan tersebut sebesar US$ 2,5 Milyar dari angkat laut dan udara termaju di dunia yaitu Uni Soveit.


Bantuan Uni Soviet Untuk Angkatan Laut Kekuatan Militer Indonesia


Syerdlov, alutsista buatan Uni Soviet ini sempat menjadi kapal perang tercepat dan tersebesar saat itu. Saat di bawa ke Indonesia, kapal perang ini berganti nama menjadi KRI Irian. Dengan 12 meriam raksasa berkaliber 6 inch dan bobot seberat 16.640 ton, kapal perang ini mampu menampung 1270 ABK termasuk 60 perwira di dalamnya. Uni Soviet tidak pernah sekalipun memberikan kapal sekuat itu kepada negara manapun, kecuali hanya Indonesia.


Bantuan Uni Soviet Untuk Angkata Udara Kekuatan Militer Indonesia


Pesawat MiG-21 Fishbed merupakan salah satu pesawat tercanggih di dunia yang mampu terbang dengan kecepatan hingga mencapai Mach 2. Bahkan pesawat ini dianggap lebih hebat dari pesawat tempur lain Amerika seperti Supersonic F-104 Starfighter dan F-5 Tiger. Disisi lain, Belanda selaku penjajah waktu itu pun masih mengandalkan pesawat bekas perang Dunia ke II, yaitu Mustang.

Selain itu, Indonesia juga mempunyai 26 armada pembom jarak jauh srategis seperti Tu-16 Tupolev (Badger A dan B) yang berada di Lanud Iswahyudi, Magetan. Tu-16 Tupolev dilengkapi berbagai peralatan canggih beserta rudal khusus anti kapal perang (AS-1 Kennel) yang mempunyai daya ledak tinggi sehingga mampu dengan mudah untuk menenggelamkan beberapa kapal tempur barat.

Hal ini membuat Indonesia menjadi salah satu dari 4 bangsa di dunia yang mempunyai alutsista pembom strategis, seperti Rusia, Amerika, dan Inggris.

Kekuatan militer Indonesia semakin bertambah lengkap semenjak kehadiran 12 kapal selam Pasopati berkelas Whiskey yang saat ini dipajang di Surabaya. Berbagai pesawat pengangkut seperti Antonov An-12B turut berperan dalam misi pengangkut alutsista militer Indonesia. Semantara itu puluahn kapal tempur berkelas Corvette helikopter bertype MI-6 dan MI-4 juga tidak ketinggalan dalam misi pembebasan Irian Barat. Ditambah lagi dengan ribuan senapan serbu terbaik dan melegenda, seperti AK-47.

Peringkat Kekuatan Militer Indonesia

Global Fire Power merilis sebuah data dalam situsnya bahwa pada tahun 2016 kekuatan militer Indonesia menduduki peringkat 14.

Peringkat militer Indonesia
Peringkat militer Indonesia
Dibandingkan dengan dua tahun lalu, peringkat kekuatan militer Indonesia berada pada peringkat 19. Tahun 2016 ini dikancah internasional naik pada peringkat 14. Ini membuktikan betapa kuatnya kekuatan militer yang dimiliki Indonesia.


Berikut kekuatan militer Indonesia Versi Angkata Udara

1. Pesawat F-1 C/D

2. Pesawat EMB-314 Super Tucano

3. Pesawat Tempur T-50i

4. Pesawat Tempur Sukhoi (Su)-30 MK2



Berikut kekuatan militer Indonesia Versi Angkata Darat

1. Tank Marder

2. Panser Anoa

3. Tank Leopard

4. Tank Scorpion

5. Panser Tarantula

6. Meriam MLRS

7. Meriam 155 Caesar



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Make Money with Infolinks