Mengenal Istilah Bangsa


Istilah bangsa sering disamakan dengan istilah rakyat. Bangsa adalah suatu pengertian politis, sedangkan rakyat merupakan pengertian sosiologis. Bangsa adalah sekumpulan orang yang senasib dan mempunyai perasaan untuk bersatu karena memiliki kesamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarah, serta pemerintahan sendiri.

Bisa dilihat dari skema pembagian rakyat :


Istilah yang dipergunakan untuk menyebut penghuni suatu negara, selain istilah rakyat, digunakan pula istilah bangsa. Dalam kaitannya dengan bangsa, menurut Jellinek ada 4 macam suatu bangsa.
  1. Status positif, yaitu status yang memberikan hak kepada warga negara untuk menuntut tindakan positif dari negara mengenai perlindungan atas jiwa raga, hak milik, kemerdekaan, dan sebagainya.
  2. Status aktif, yaitu status yang memberikan hak kepada setiap warga negara untuk ikut serta dalam pemerintahan. Untuk mewujudkan hal itu setiap warga negara mempunyai hak untuk memilih dan dipilih sebagai anggota dewan.
  3. Status negatif, yaitu status yang menjamin kepada warga negara bahwa negara tidak ikut campur terhadap hak-hak asasi warga negaranya. Hal ini dilakukan untuk mencegah timbulnya tindakan yang sewenang-wenang dari negara.
  4. Status pasif, yaitu status yang memberikan kewajiban kepada setiap warga negara untuk taat dan tunduk kepada segala perintah negaranya.
Sumber : Buku Pendidikan Kewarganegaraan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Make Money with Infolinks