Bahayanya Tidur Berlebihan

bahayanya tidur berlebihan

Tidur adalah suatu kegiatan untuk mengistirahatkan tubuh saat seharian lelah bekerja. Tapi tahu kah Anda akibat dari tidur terlalu lama?

Kita membutuhkan waktu tidur selama 7-8 jam perhari setiap malamnya. Namun ketika terbiasa lebih dari delapan hingga lebih dari sembilan jam maka akan mendapati resiko masalah kesehatan.

Berikut resiko masalah kesehatan ketika Anda tidur berlebihan :

1. Depresi Meningkat

Dalam sebuah penelitian terhadap orang kembar, penelitian menemukan seseorang yang memiliki durasi tidur yang panjang berisiko mengalami gejala stress atau depresi. Anda yang terlibat tidur tujuah hingga sembilan jam memiliki resiko depresi hingga 27 persen, dan bila lebih dari sembilan jam resikonya menjadi 49 persen.

2. Berat Badan Naik

Bagi Anda yang lebih banyak menghabiskan aktivitas dengan tidur maka memungkinkan terjadinya berat badan naik. Karena kalori yang ada di tubuh jadi tidak terbakar sehingga lemak dalam tubuh menumpuk. Anda yang biasa tidur dalam durasi terlalu pendek atau terlalu panjang maka berat badanya cenderung lebih banyak dibandingkan yang tidur teratur hingga delapan jam per malamnya. Sedangkan Anda yang tidurnya lebih dari sembilan jam berat badannya naik lima kilogram.

3. Sulit Hamil

Bagi Anda yang wanita salah satu faktor sulitnya hamil adalah karena tidur yang berlebihan. Sebuah penelitian membuktikan di Korea menganalisis kebiasan tidur 650 wanita menjalani program bayi tabung. Dan hasilnya, tingkat kehamilan tertinggi yakni pada wanita yang tidurnya tujuh sampai delapan jam tiap malamnya. Sedangkat tingkat kehamilan terendah pada wanita yang tidur lebih dari sembilan sampai dengan sebelas jam setiap malamnya.

4. Resiko Terkena Penyakit Arteri Koroner

Penyakit arteri koroner adalah salah satu masalah penyakit jantung. Penelitian membuktikan, tidur delapan jam atau lebih terkait dengan masalah jantung. Analisis yang dilakukan terhadap 3.000 orang menemukan mereka yang suka tidur lama beresiko terkan angina meningkat dua kali lipat dan 1,1 kalo beresiko terkena penyakit arteri koroner.

Apa itu penyakit Arteri Koroner?
Penyakit arteri koroner atau disebut dengan penyakit jantung arteriosklerosis, atau penyakit jantung iskemik suatu penyakit yang terjadi ketika ada penyumbatan parsial aliran darah ke jantung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Make Money with Infolinks