Alasan Warga Negara Indonesia Aktif Dalam Usaha Pembelaan Negara

Alasan Warga Negara Indonesia Aktif Dalam Usaha Pembelaan Negara

Ada bebarapa Alasan Warga Negara Indonesia Aktif Dalam Usaha Pembelaan Negara. Berikut alasan-alasan atau latar belakang usaha pembelaan negara, khususnya di Indonesia :

1. Latar Belakang Sejarah

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bangsa Indonesia mengalami perjalanan sejarah yang sangat panjang dalam rangka melepaskan diri dari belenggu penjajahan. Selama 3.5 abad seluruh rakyat Indonesia mengorbankan jiwa dan raganya demi meraih kemerdekaan.

Dengan penuh semangat dan persenjataan yang sederhana, akhirnya kemerdekaan dicapai pada tanggal 17 Agustus 1945.

Proklamasi kemerdekaan bukanlah suatu akhir, tetapi sebagai titik awal perjuangan bangsa Indonesia untuk terus mempertahankan kelangsungan hidup negara dan mengisinya dengan pembangunan. Dalam rangka pempertahankan kelangsungan hidup negara diperlukan kemampuan untuk mempertahankan diri. Salah satu cara yang dilakukan adalah melalui usaha pembelaan negara yang dilakukan oleh pemerintah dan seluruh warga negara Indonesia.

2. Keadaan Geografis

Indonesia berada di antara dua benua dan dua samudera serta dilalui garis katulistiwa. Dengan kata lain, Indonesia terletak pada posisi silang dunia, sehingga posisinya sangat strategis dalam menjalin hubungan antar bangsa, baik dalam hal transportasi, komunikasi, perdagangan, politik, sosial budaya, ekonomi, serta pertahanan dan keamanan.

Indonesian dengan posisi yang demikian strategis sangat berpengaruh, baik positif maupun negatif. Dengan demikian bangsa Indonesia dituntut agar mampu meningkatkan peranannya atas kedudukan geografis Indonesia yang sangat strategis.

3. Kondisi Demografis

 Pada dasarnya kondisi demografis bangsa Indonesia memerlukan kewaspadaan, khususnya dalam hal keamanan. Apabila tidak ada hubungan yang signifikan antara kuantitas dan kualitas penduduk, maka akan menimbulkan banyak permasalahan. Permasalahan yang dimaksud, terkait dengan ketenagakerjaan dan kesempatan kerja. Banyaknya tenaga kerja akan menimbulkan pengangguran dan kerawanan sosial. Untuk itu, perlu kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat dalam menyikapi kerawanan sosial yang terjadi.

4. Potensi Sumber Daya Alam

Wilayah yang luas dan strategis, serta potensi sumber daya alam yang banyak serta beragam, merupakan salah satu modal Indonesia menjadi negara yang maju. Oleh karena itu, perlu pengamanan dan pendayagunaan terhadap sumber daya alam yang ada demi kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

5. Perkembangan IPTEK

Perkembangan IPTEK sangat pesat membawa pengaruh bagi kemajuan bangsa Indonesia. Namun, apabila tidak disikapi secara hati-hati dapat menjadi bumerang bagi kehidupan manusia. Misalnya, peradaban budaya dan pengaruh asing yang tidak sesuai dengan kondisi di Indonesia dapat mengancam seluruh sendi-sendi kehidupan, serta merusak ketertiban dan keamanan negara.

Ancaman-ancaman yang kompleks sebagai dampak perkembangan IPTEK yang harus dicegah dan diatasi secara bersama-sama antara pemerintah dengan rakyat. Salah satunya melalui usaha pembelaan dan pertahanan negara oleh seluruh bangsa Indonesia.

Sumber : Buku Kewarganegaraan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Make Money with Infolinks