Makna Usaha Pembelaan Negara


Pernah kamu melihat adik atau kakakmu diperlakukan secara tidak baik oleh orang lain? Bagaimana sikapmu? Apa yang akan kamu lakukan?

Kita tentu tidak senang apabila suatu ketika salah satu anggota keluarga kita bahkan keluarga kita disalahkan atas sebuah permasalahan atau peristiwa yang belum tentu kebenarannya. Sebagai salah satu anggota yang tentu kita akan rela berkorban demi membela keluarga kita. Hal itu dilakukan karena kita adalah bagian dari keluarga. Selain itu, karena adanya perasaan cinta. 

Begitu pula kita sebagai warga negara. Apapun akan dilakukan demi tetap tegaknya negara. Kita tidak akan rela apabila ada suatu unsur yang ingin merusak persatuan kesatuan bangsa dan negara. Berbagai cara akan dilakukan demi negaranya. Misalnya, melalui opini atau kritik dalam bentuk tulisan surat kabar.

Usaha pembelaan Negara adalah sikap dan prilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada negaranya untuk menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negaranya. Oleh karena itu, usaha pembelaan negara yang dilakukan oleh rakyat merupakan perwujudan tanggung jawab dan bukan karena paksaan.

Usaha pembelaan negara dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab, dan rela berkorban oleh setiap warga negara bedasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Setiap usaha pembelaan negara yang dilakukan oleh warga negara baik secara nyata atau tidak melalui kegiatan sesuai profesinya, sangatlah penting bagi suatu negara. Begitu pula bagi negara Indonesia.

Sumber : Buku Kewarganegaraan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Make Money with Infolinks