Pentingnya Globalisasi bagi Indonesia

Pentingnya Globalisasi bagi Indonesia
Mengenal globalisasi di era modern

Indonesia tidak bisa mengklaim bahwa tidak ada pengaruh dari luar yang hidup di masyarakat. Kenyataan ini harus diterima, karena sejak awal adanya manusia di kepulauan Nusantara manusia dan kebudayaan dari luar terus memperkaya sejarah kebudayaan di situ. Globalisasi pada masa sekarang sebenarnya hanyalah bentuk yang lebih kompleks dari globalisasi, yaitu :

1. Apapun yang terjadi di Indonesia bisa menimbulkan reaksi di dunia Internasional,
2. Apapun yang terjadi di Dunia Internasional bisa mempengaruhi Indonesia.

Beberapa Kasus yang dimaksudkan memberi contoh nyata bagaimana globalisasi terjadi di dunia nyata dan bagaimana Indonesia harus bersikap terhadap globalisasi tersebut. Dengan demikian kita tahu arti pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia.

Sebagai negara yang senantiasa mengikuti perkembangan dunia Internasional, Indonesia menjadi negara yang tidak lepas dari proses globalisasi. Artinya, masyarakat, bangsa, dan negara adalah bagian yang turut serta terlibat dalam fenomena globalisasi. Hal ini di antaranya ditandai dengan hadirnya serta digunakan sebagai produk teknologi komunikasi dan informasi di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Globalisasi telah menyebabkan munculnya kesalingtergantungan antarnegara. Setiap negara di dunia, akibat globalisasi, tidak dapat lepas dari peranan serta bantuan negara lain. Hal ini selanjutnya menyebabkan hubungan negara-negara di dunia tidak dapat terhindar dari berbagai bentuk kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan.

A. Meningkatkan Kemampuan Bersaing

Globalisasi juga memicu terjadinya persaingan yang lebih sengit dan keras antarnegara. Saat ini, misalnya, perdagangan antaranegara (ekspor-impor) secara umum sudah berlangsung jauh lebih bebas.

Banyak negara di dunia ini menyepakati untuk menghilangkan berbagai pungutan (pajak) dalam perdagangan antar negara sehingga lalu lintas barang dan jasa berlangsung bebas.

Tidak hanya dalam bidang perdangan dan ekonomi, secara umum globalisasi memang telah menyebabkan persaingan antarabangsa dan antarnegara dalam semua bidang dikehidupan berlangsung lebih ketat dan keras. Jika perdangan bebas dunia sudah benar-benar diterapkan di seluruh dunia, maka banyak jenis pekerjaan, profesi, serta barang dan jasa keluar-masuk secara bebas antarnegara.

Bagi remaja dan pelajar Indonesia, globalisasi tentunya memberikan tantangan yang tidak ringan. Kehidupan dimasa mendatang menghadirkan persaingan antarbangsa dan negara yang kemungkinan besar akan lebih ketat dan keras. Oleh sebab itu, remaja dan pelajar seperti halnya kamu, yang kelak akan memegang tampuk kepemimpinan bangsa dan negara, sejak saat ini harus sudah mempersiapkan diri menghadapi persaingan.

B. Menyeleksi Informasi

Globalisasi juga ditandai dengan adanya booming atau ledakan informasi, yakni munculnya informasi setiap harinya dengan jumlah yang banyak melalui berbagai media. Booming informasi ini, tak pelak lagi, menyebabkan kita setiap hari dibanjiri dengan informasi. Informasi itu membanjiri lewat berbagai media : televisi, radio, surat kabar, majalah, internet, dan sebagainya. Globalisasi menjadikan kehidupan manusia terkepung oleh informasi.

Serbuan beragam informasi tersebut saat ini sudah tidak bisa dibendung lagi. Jika serbuan informasi tersebut datang lewat media umum internasional, seperti internet, praktis semua masuk begitu saja tanpa dapat dicegah dan ditanggulangi. Semua informasi yang menyerbu setiap negara lewat internet sama sekali tidak dapat disensor.

Bagi masyarakat dan bangsa Indonesia, tidak setiap informasi yang datang lewat berbagai media memiliki nilai yang baik dan bermanfaat. Terutama informasi yang datang dari mancanegara, sebagian kurang bermanfaat dan bahkan bertentangan dengan prinsip, asas, dan budaya kehidupan bangsa kita.

Sumber : Buku Kewarganegaraan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Make Money with Infolinks