Tips Tetap Sehat Selama di Bulan Ramadhan

Tips Tetap Sehat Selama di Bulan Ramadhan
Tips Tetap Sehat Selama di Bulan Ramadhan

Memasuki bulan ramadhan, dimana bulan ramadhan adalah bulan yang penuh hikmah dan rahmat oleh Allah Swt. Di dalam bulan ramadhan umat islam yang beriman diwajibkan untuk berpuasa, dimana puasa adalah menahan diri dari haus, lapar, perbuatan, dan menjaga ucapan.

Kali ini penulis membahas tentang tips menjaga kesehatan selama di bulan Ramadhan.

1. Air putih

Air putih menjadi awal pembuka sebelum memakan makanan seperti roti, nasi, dan sebagainya. Air putih menjadi hal terpenting untuk menjaga tubuh tetap terjaga dari yang namanya dehidrasi. Air putih mampu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, serta meningkatkan energi dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Jadi, sebaiknya ketika berbuka puasa awali dengan meminum air putih terlebih dahulu.

2. Manis

Setelah air putih kita diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan yang manis. Kurma menjadi hidangan manis utama yang dipilih untuk menemani saat berbuka puasa. Makanan/Minuman yang manis membantu dalam mengembalikan energi yang hilang.

3. Madu

Madu kaya akan manfaat. Selain untuk kecantikan, madu bagus untuk menjaga stamina tubuh agar tetap prima. Madu menjadi sumber nutrisi yang lengkap, serta meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

4. Atur pola Tidur

Selain memperhatikan asupan, tidur adalah prioritas utama agar tubuh tetap segar. Manfaat tidur adalah mencegah atau menghindari Anda dari stress, karena stress dapat mengganggu Anda ketika sedang berpuasa.

5. Sahur

Jangan meremehkan makan sahur. Dari Anas bin Malik Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

"Makan sahurlah, karena sesungguhnya ada keberkahan dalam sahur.” (Muttafaq ‘Alaih)"

Makan sahur adalah sunnah, karena terdapat keberkahan tersendiri ketika Anda sahur.
Jadi, jangan tinggalkan sahur kalian ya. :3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Make Money with Infolinks