Cara Merawat Gigi dan Mulut dengan Benar


Cara Merawat Gigi dan Mulut dengan Benar
Cara Merawat Gigi dan Mulut dengan Benar

Anda tentu senang melihat seseorang tersenyum dari pada seseorang yang muram. Senyuman memiliki daya tarik yang dapat membuat orang bertambah manis dan mudah untuk didekati. Ketika Anda tersenyum, bagian yang terlihat adalah gigi, maka penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan gigi agar tetap sehat dan terlihat putih. Selain itu tentunya Anda menginginkan gigi tetap kuat dan tidak berlubang. Selain merawat gigi, jangan lupa untuk menjaga kesehatan mulut dan lidah agar tidak menimbulkan bau mulut ketika sedang berbicara dengan orang lain.

Tips Merawat Gigi

Apa saja yang diperlukan untuk merawat gigi?

1. Gunakan Dental Floss dan Hindari Penggunaan Tusuk Gigi

Jika Anda baru saja selesai menikmati makanan, baisanya ada sebagian makanan yang menyangkut di celah-celah gigi. Pasti sangat mengganggu, dan jika dibiarkan lama dapat menyebabkan gigi rusak (seperti gigi berlubang). Untuk memgeluarkan sisa-sisa makanan tersebut gunakanlah Dental Floss (benang gigi) daripada menggunakan tusuk gigi. Dental Floss akan meminimalkan terjadinya gesekan dan benturan pada gigi dan gusi. Sebaliknya penggunaan tusuk gigi memungkinkan terjadinya pergeseran gigi dan melukai gusi sehingga membuat gusi berdarah dan infeksi.

2. Sikatlah Gigi dengan Benar


Bagaimana menyikat gigi dengan benar?
  • Sikatlah gigi dengan tekanan yang ringan. Jangan menyikat gigi dengan tekanan yang keras karena dapat merusak gigi dan gusi. Gusi akan mudah berdarah dan sensitif terserang infeksi. Karena bermasalah, gusi menjadi tidak sempurna untuk menyangga gigi dan bisa mengakibatkan gigi rusak atau menjadi gigi tanggal.
  • Untuk menyikat gigi sebaiknya dengan arah sikat yang benar. Arah sikatan untuk gigi geraham adalah sikat permukaan kunyah dengan gerakan ke kanan-kiri seperti menyapu atau gerakan melingkar.
  • Durasi menyikat gigi yang ideal adalah 2-3 menit. Jika terlalu cepat, gigi akan kurang bersih, dan jika terlalu lama gigi dapat mengikis email gigi dan mengiritasi gusi.
  • Gunakan sikat gigi yang berbulu lembut, karena bulu sikat yang keras dan kaku dapat merusak email gigi. Pastikan bulu sikat rapi dan tidak keluar dari barisannya.
  • Pilih sikat gigi dengan kepala sikat yang kecil. Ukuran kepala sikat yang sesuai dengan rahang akan membuat gigi lebihh bersih karena dapat menjangkau bagian terdalam gigi.



3. Gunakan Waktu yang Tepat untuk Menyikat Gigi

Waktu yang tepat untuk menyikat gigi adalah di pagi dan malam hari, yaitu pagi hari sesudah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

4. Berkumur dengan MouthWash

Sebaiknya setelah selesai menyikat gigi gunakanlah MouthWash. Berkumur dengan MountWash yang mengandung antiseptik sangat berguna untuk melindungi gigi dari plak. Bagi Anda yang mengalami masalah pada mulut dan gusi sebaiknya menggunakan MouthWash yang mengandung antibiotik.

5. Sikat Lidah Menggunakan Sikat Gigi

Perlu Anda ketahui bagian permukaan lidah berbentuk seperti lembah yang berbukit. Bagian ini perlu diperhatikan, karena celah-celah permukaan lidah perlu dibersihkan. Pada bagian celah-celah permukaan lidah terdapat kotoran dari sisa-sisa makanan.

6. Batasi Mengkonsumsi Gula dan Asam

Sebisa mungkin, batasi makanan dan minuman yang mengandung gula dan asam seperti permen, cokelat, atau soft drink. Asam dapat mengikis enamel gigi dan membuat gigi berlubang.

7. Batasi WINE, KOPI, dan TEH

Kandungan tannin yang terkandung pada teh dan kopi bisa mengubah warna lapisan luar gigi atau enamel. Pewarna pada minuman berwarna lain, seperti wine, sirup atau minuman bersoda juga dapat menimbulkan noda pada gigi.

Noda akan mudah terbentuk pada permukaan gigi yang kasar yang disebabkan karena plak atau anatomi gigi yang tidak rata. Pencegahannya adalah minum menggunakan sedotan dan batasi konsumsi sebanyak 1-2 cangkir sehari.

8. Tidak Merokok

Saat menghisap rokok, pada asap rokok dan jutaan zat kimia lainnya terdapat di dalam sebatang rokok. Jika Anda menghisap rokok maka akan masuk dan mempengaruhi jaringan dan organ yang ada dalam mulut, termasuk gigi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Make Money with Infolinks

SEO Stats powered by MyPagerank.Net