Mengenal dan Mengukur Potensi Diri

mengenal dan mengukur potensi diri
Ayo, kenali potensi diri Anda

Setiap orang memiliki potensi, tetapi tidak setiap orang mampu mengenali potensinya sendiri untuk kemudian didayagunakan demi kesuksesan dirinya. Karena itu, dapat dikatakan bahwa dalam langkah awal untuk menuju sukses adalah dengan mengenali potensi diri kita sendiri. Jika kita mengenali apa yang mungkin menjadi kelebihan kita dibandingkan orang lain, maka selanjutnya kita dapat bekerja keras untuk mengembangkannya. Setiap bakat, kegemaran, atau kebiasaan tertentu dapat saja merupakan potensi yang akan berbuah menjadi prestasi jika kita mengasah hal tersebut.

Simaklah kisah-kisah sukses para atlet berprestasi. Kebanyakan dari mereka pada awalnya memainkan cabang olahraga tertentu hanya sebagai hobi atau kegemaran. Tetapi, lama kelamaan mereka kemudian menikmati permainan itu, bahkan keterampilan bermain mereka lebih baik dibandingkan orang lain. Setelah mengenali potensi tersebut, mereka kemudian berlatih lebih giat dan meraih prestasi yang gemilang. Hal yang sama mungkin juga terjadi pada para siswa berprestasi. Mereka awalnya menggemari bidang tertentu di sekolah. Karena terus-menerus mengasah kemampuan dalam bidang tersebut, maka mereka akhirnya mampu berprestasi dan bahkan membawa harum nama negara di tingkat internasional.

Potensi diri

Perlunya mengetahui potensi diri merupakan upaya untuk memperluas dan memperdalam kesadaran menganai berbagai kecenderungan dan kekhususan diri sendiri, baik yang sudah teraktualisasi maupun yang belum.

Kita dapat mengukur potensi diri dari berbagai kecenderungan atau kelebihan kita. Namun karena kecenderungan itu sebagian merupakan hal yang bersifat abstrak, maka pengenalan dan pengukuran kita belum tentu sempurna.

Di sisi lain, seseorang juga harus mampu bersikap objektif dan realistis dalam memandang potensi diri. Objektifnya dalam hal ini bermakna bahwa orang mesti memandang secara jujur, apa adanya, tidak melebihkan, dan tidak menguranginya.

Manfaat mengembangkan potensi diri.

Manfaat mengembangkan potensi diri merupakan untuk mengembangkan nature dan nurture.

Nature

Nature adalah kepribadian yang terbentuk dari bawaan/lahir/bakat.

Nuture

Nuture adalah kepribadian manusia yang terbentuk karena pengaruh lingkungan.

Dengan demikian pengembangan potensi diri berarti berusaha mengembangkan kepribadian yang berasal dari dalam/bakat dan dikembangkan setelah berinteraksi dengan lingkungan di mana seseorang berada. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Make Money with Infolinks