Memahami Lebih Dalam Arti dari Sebuah Prestasi

Meraih sukses dengan prestasi
Meraih sukses dengan prestasi

Setiap manusia pada dasarnya memiliki potensi. Namun, tidak setiap manusia  berkehendak dan mau bekerja keras untuk mendayagunakan potensi tersebut. Bangsa yang maju adalah bangsa yang rakyatnya mau bekerja keras, ulet, dan tangguh dalam mewujudkan sebuah prestasi. Sebab, perlu diingat bahwa Tuhan sendiri tidak akan mengubah kondisi suatu bangsa, jika bangsa itu sendiri tidak mau berusaha.

Di blog ini penulis akan menjelaskan pengertian dari prestasi.

Apa itu prestasi?

Kata prestasi, dalam kamus umum bahasa Indonesia diartikan sebagai hasil yang dicapai dari apa yang dikerjakan atau yang sudah di usahakan. Seseorang dianggap berprestasi, jika dia telah meraih sesuatu dari apa yang telah dilaksanakannya, baik melalui belajar, bekerja, berolahraga, dan sebagainya.

Prestasi tersebut merupakan wujudnya nyata optimalisasi pengembangan potensi diri. Sudah tentu prestasi dapat diraih setelah orang mau mengerahkan daya dan upaya, baik mencakup kemampuan intelektual, emosional, spiritual, dan ketahanan diri dari dalam sebagai bidang kehidupan.

Sukses dengan prestasi

Orang yang berprestasi adalah orang yang dianggap sukses  dalam bidang tertentu, karena pada kenyataannya ia memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki orang lain. Konsep diri yang melekat pada orang yang berprestasi adalah konsep diri positif yang mampu menangkap, mengolah, dan memberdayakan diri secara rasional dan proporsional serta efektif dan efiesien.

Patut dipahami bahwa prestasi bukanlah sesuatu yang datang tanpa usaha keras, jika kita menyimak kisah-kisah perjalanan hidup orang yang berprestasi, kita akan mendapati bahwa mereka bekerja keras untuk mencapai prestasi tersebut.

Para atlet tingkat dunia misalnya, mereka telah mengenal olahraga merupakan orang yang tekun belajar bereksperimen di antara ribuan kali ekperimen, mungkin berkali-kali gagal dan itu tidak membuat mereka berputus asa. Kerja keras dan jiwa besar semangat itulah yang akhirnya berbuah prestasi di masa datang.

Banyak orang yang menhubungkan prestasi dengan berbagai penghargaan. Sesungguhnya penghargaan hanya merupakan simbol pengakuan masyarakat terhadap suatu prestasi. Penghargaan semacam itu bentuknya bermacam-macam. Dari mulai piagam, piala, medali, hingga uang. Yang bermakna bagi seseorang yang berprestasi sebenarnya adalah pengakuan itu sendiri. Yaitu bahwa kerka keras yang dilakukan selama ini dan hasil yang telah dicapai melalui upaya tersebut ternyata memperoleh pengakuan dari masyarakat.

Jadi itulah makna dari prestasi yang sesungguhnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua. :3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Make Money with Infolinks

SEO Stats powered by MyPagerank.Net