Inilah 6 Manfaat Berpuasa


Inilah 6 Manfaat Berpuasa
Inilah 6 Manfaat Berpuasa

Bagi para muslimin dan muslimat yang berpuasa tentunya harus mengetahui manfaat berpuasanya bagi tubuh. Berpuasa banyak manfaatnya bagi kesehatan, terutama dapat mengurangi radikal bebas.

Radikal bebas yang berlebihan dapat mengurangi aktivitas kerja enzim, menyebabkan terjadinya mutasi, dan kerusakan dinding sel. Ada sekitar 50 penyakit degeneratif, termasuk penyakit jantung dan stroke.

Inilah 6 Manfaat Berpuasa


1. Menurunkan Berat Badan


Penelitian menunjukkan bahwa apabila seseorang berpuasa memungkinkan tubuh untuk membakar sel-sel lemak lebih efektif daripada diet biasa. Selain itu, ketika berpuasa tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi utama. Banyak atlet-atlet modern ini menggunakan puasa sebagai sarana untuk menurunkan persentase lemak tubuh sebelum kompetisi.


2. Meningkatkan Kecepatan Metabolisme


Puasa memberikan waktu sistem pencernaan Anda untuk beristirahat. Hal tersebut mampu membuat tubuh menggunakan energi untuk metabolisme yang digunakan saat membakar kalori. Puasa dapat mengatur pencernaan dan memberikan fungsi usus yang lebih sehat.

3. Meningkatkan Sensitivitas Insulin


Puasa telah terbukti memiliki efek positif pada sensitivitas insulin, yang memungkinkan Anda untuk menolerir karbohidrat (gula) yang lebih baik daripada jika Anda tidak berpuasa. Penelitian menunjukkan bahwa setelah periode puasa, insulin menjadi lebih efektif dalam memberitahu sel untuk menurunkan kadar glukosa dari darah.


4. Membuat Panjang Umur

Semakin sedikit Anda makan semakin lama Anda akan hidup. Penelitian menunjukkan bagaimana umur orang dalam budaya tertentu meningkat karena diet mereka. Salah satu efek utama dari penuaan adalah metabolisme yang lebih lambat, jika metabolisme lebih cepat, tentu akan membuat tubuh menjadi lebih muda.


5. Meningkatkan Fungsi Otak


Puasa mampu meningkatkan produksi protein neurotropik yang dihasilkan oleh otak. Substansi ini mengaktifkan sel-sel batang otak untuk diubah menjadi neuron baru, dan memicu berbagai bahan kimia lain yang meningkatkan kesehatan saraf. Protein ini juga melindungi sel-sel otak Anda dari kelainan yang berhubungan dengan penyakit alzheimer dan parkinson.


6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Puasa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, mengatur kondisi peradangan di dalam tubuh, dan menurunkan pembentukan sel kanker.

Sumber : http://klikdokter.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Make Money with Infolinks

SEO Stats powered by MyPagerank.Net