Peranan Pedagang Dalam Proses Penyebaran Islam di Indonesia


Peranan Pedagang Dalam Proses Penyebaran Islam di Indonesia
Peranan Pedagang Dalam Proses Penyebaran Islam di Indonesia

Agama Islam masuk ke Indonesia karena adanya kegiatan pelayaran dan perdagangan antara Asia Barat-India-Cina yang melalui perairan Indonesia. Para pedagang memegang peranan penting dalam menyebarkan Islam ke seluruh Indonesia. Dengan kata lain, para pedagang sangat berperan dalam proses Islamisasi ke Indonesia.

Para pedagang Islam datang ke Indonesia terutama mencari komoditas berupa rempah-rempah dan emas. Mereka terutama berasal dari Gujarat, India. Wilayah Indonesia yang paling ramai dikunjungi para pedagang adalah selat Malaka. Para pedagang ini harus singgah untuk sementara waktu dan menanti saat yang tepat untuk meneruskan pelayarannya ke wilayah lain, seperti ke Cina. Sambil menunggu arah angin yang sesuai dengan tujuan, mereka tinggal beberapa saat di suatu wilayah, salah satunya di Indonesia. Pada saat itulah mereka memiliki kesempatan luas untuk menyampaikan agama islam kepada pedagang atau penduduk asli.

Ketika islam masuk, pusat perdagangan dan pelayaran di sepanjang pantai dikuasai oleh raja-raja daerah, para bangsawan dan penguasa lainnya yang juga merangkap sebagai pemilik saham dan kapal-kapal dagang. Mereka inilah yang berkuasa mengatur lalu lintas perdagangan dan harga barang. Mereka itu, misalnya para raja atau adipati di Aceh, Johor, Jambi, Makassar, Ternate, Banten, Jayakarta, Demak, Gresik, dan Surabaya.

Para penguasa bandar itulah yang mula-mula menjalin hubungan dengan para pedagang islam. Hubungan dan kerja sama itu makin erat setelah suasana politik di pusat kerajaan Majapahit kacau. Raja-raja di daerah dan adipati di pesisir itu kemudian masuk Islam sehingga mereka mendapat simpati dan dukungan dari pedagang-pedangan Islam untuk melepaskan diri dari kekuasaan Majapahit.

Dengan demikian, kedudukan raja daerah itu menjadi semakin kuat. Dampaknya mereka mampu mendirikan kerajaan Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Make Money with Infolinks