Bahaya Konsumsi Gula

Bahaya Konsumsi Gula
Bahaya konsumsi gula bagi kesehatan Anda

Perlu Anda ketahui gula tidak baik untuk kesehatan, kebanyakan orang menganggap konsumsi gula tidak berbahaya. Gula di dalam makanan atau minuman akan berbagai banyak penyakit. Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika menyebutkan, jika mengkonsumsi minuman tinggi gula akan berisiko penyakit lever. Karena minuman manis merupakan sumber kalori, dan mereka yang sering mengkonsumsi minuman manis harus berhati-hati.

Adapun dampak lain dari seringnya mengkonsumsi gula.

1. Gula Dapat Merusak Jantung

Gula adalah faktor risiko penyakit jantung. Telah di buktikan dalam Journal of American Heart Association pada tahun 2013 lalu, para ahli menemukan bukti kuat tentang mekanisme bagaimana gula merusak jantung. Dalam study tersebut ditemukan molekul pada gula yang disebut glukosa 6-fosfat menyebabkan perubahan otot jantung yang berujung pada gagal jantung.


2. Gula Memberi Makan sel Kanker

Setiap orang berkemungkinan berisiko kanker, karena memiliki sel kanker di dalam tubuhnya. Tubuh memiliki mekanisme sendiri untuk mematikan sel kanker sehingga sel tersebut tidak lantas berkembang menjadi sel kanker yang mematikan. Namun sayangnya, konsumsi gula berlebihan dapat merusak mekanisme tersebut. Berita buruknya, baru-baru ini sebuah studi mengungkapkan bahwa gula menjadi nutrisi terbaik bagi sel kanker untuk berkembang.


3. Gula Menurunkan Kemampuan Otak

Mengkonsumsi gula secara berlebih dapat mempercepat proses penuaan sel, begitu pula pada sel-sel otak. Gula dapat menuruni penurunan fungsi lebih cepat sehingga pola berpikir seseorang menjadi lebih lambat, dan sering terjadi tidak fokus.

Dalam hasil penelitian di Universitas UCLA, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa pada hasil studi sebuah tikus percobaan di berikan diet tinggi fruktosa, yaitu dengan memberikan asupan fruktosa dalam jumlah besar menunjukkan penurunan pada kemampuan belajar serta kemampuan mengingat otak. Gula dapat menyebabkan perkembangan hormon insulin, dimana hormon ini akan mempengaruhi pada hubungan sinaptik antar sel-sel otak guna membantu otak dalam hubungannya untuk berkomunikasi dan mengingat.

4. Gula Dapat Membuat Gemuk

Banyak studi yang telah membuktikan jika mengkonsumsi gula berlebih akan menyebabkan kegemukan. Gula memberikan asupan kalori lebih banyak perharinya dan membuat bobot tubuh seseorang akan bertambah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Make Money with Infolinks