KEHIDUPAN AWAL MASYARAKAT INDONESIA - FAKTA SEJARAH

Fakta Sejarah Indonesia
Fakta Sejarah Indonesia

Fakta sejarah tidak sama dengan data sejarah atau jejak-jejak sejarah sebagai suatu peristiwa. Jejak-jejak sejarah tersebut hanya merupakan bahan untuk menyusun fakta-fakta sejarah.

Menurut pendapat E.Bernheim, fakta sejarah adalah kesimpulan-kesimpulan dalam sejarahwan terhadap kejadian-kejadian historis yang terjadi di tempat yang tertentu pada waktu tertentu. Fakta sejarah akan diakui sebagai bukan fakta sejarah, jika tidak dapat dibuktikan kebenarannya dengan bukti-bukti yang cukup. Akan tetapi, dengan memperoleh fakta-fakta sejarah saja, bukan berarti belum merupakan sejarah. Pemaparan fakta-fakta sejarah, belum merupakan histografi.

Daftar fakta sejarah yang disusun secara kronologis barulah merupakan kronik sehingga dapat disebut sejarah. Fakta sejarah dikelompokkan sebagai berikut :

1. Fakta Seni Artefak

Artefak adalah fakta sejarah yang berupa benda konkret sebagai bukti keberadaan manusia di masa lampau. Fakta ini dihasilkan dari hasil cipta, rasa, dan karsa manusia atau merupakan hasil kebudayaan manusia yang bersifat fisik artistic. Artefak bisa berupa sisa-sisa peninggalan berupa alat-alat buatan manusia dari zaman praaksara dan juga hasi-hasil peradaban manusia di zaman sejarah.

2. Fakta Mental

Fakta Mental adalah fakta yang bersifat abstrak yang berupa keyakinan dan kepercayaan, sehingga kasat mata. Fakta ini hanya dapat diketahui dengan mempelajari karakter dan mental sebuah masyarakat. Walapun demikian, manusia menyadari adanya fakta mental ini yang nantinya sangat berguna dalam mempermudah penyusunan sejarah.

3. Fakta Sosial


Fakta social adalah fakta sejarah yang memiliki dimensi social yang bersisi jaringan interaksi antarmanusia. Fakta sejarah ini dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari sekelompok masyarakat, dan telah berjalan untuk jangka waktu yang lama dan bahkan tidak diketahui kapan mulai berlakunya dan nyata-nyata ada dalam kehidupan mereka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Make Money with Infolinks