PENGERTIAN SEJARAH


gambaran sejarah purbakala
Ilustrasi sejarah purbakala


Pengertian Sejarah Menurut Beberapa Ahli:

A.  R.Moh. Ali

Sejarah adalah : Kejadian, peristiwa-peristiwa yang seluruhnya yang berhubungan dengan manusia, benda, dan secara singkat menyangkut perubahan yang nyata di dalam kehidupan manusia.

B. Prof. H.Moh Yamin S.H

Sejarah menurut paham ilmiah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.

C. Sidi Gazalba

Sejarah adalah gambaran manusia masalalu dan sekitarnya sebagai mahluk social yang disusun secara ilmiah dan lengkap meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang member pengertian dan kepahaman tentang apa yang telah berlaku.


waktu yang terus berjalan

Pengertian Ilmu Sejarah

Ilmu sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidik secara sistematis keseluruh perkembangan masyarakat serta kemanusiaan dimasa lampau.

Pengertian Sejarah Secara Subyektif Dan Secara Objektif

  • Sejarah secara subyektif, yaitu sejarah berkaitan dengan kehidupan manusia pada masa lalu yang telah menjadi pengetahuan manusia.

  •  Sejarah secara objektif, yaitu peristiwa atau kejadian dikatakan sebagai kenyataan yang objektif sebab masih diluar pengetahuan manusia.

Dasar-Dasar Penelitian Sejarah

Langkah-langkah penelitian sejarah

Para ahli sejarah sepakat menetapkan 4 kegiatan pokok didalam cara meneliti sejarah, penelitian sejarah dimulai dari pemilihan topik.

Keempat kegiatan tersebut adalah :
  1. Neuristik, adalah pengumpulan sumber
  2. Verifikasi, adalah untuk pengumpulan data-data
  3. Interpretasi, adalah fakta-fakta yang telah di peroleh peneliti
  4. Historiografi, adalah penulisan sejarah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Make Money with Infolinks