Nasa Mengembangkan Drone untuk Planet Mars



Drone untuk Planen Mars
Drone untuk Planet Mars



Upaya The National Aeronautics and Space Administration (NASA) untuk mengungkap misteri kehidupan di planet Mars terus berlanjut. NASA saat ini sedang mengembangkan sebuah prototipe "Drone" yang nantinya akan diterbang di planet Mars.

Dari kutipan Ubergizmo, Drone tersebut diberi nama Prandtl-m, sebuah singkatan dari nama "Preliminary Research Aerodynamic Design to Land on Mars".

Fungsi Drone ini nantinya akan menelusuri sisi planet Mars untuk mengungkap apakah benar planet tersebut memiliki jejak kehidupan di masa lalu, dan apakah layak bahwa Mars mampu ditempati umat manusia di masa yang akan datang.

Bentuk dari Drone tersebut justru tidak tampak seperti Drone pada umumnya, dengan desain helikopter dan memiliki baling-baling di berbagai sisi. Prandtl-m justru memiliki desain bodi berbentuk bumerang tanpa baling-baling dan memiliki logo NASA di sisi atasnya. Cukup futuristik, minimalis dan unik untuk tampilan sebuah Drone, dan desain ini sepertinya sangat cocok untuk terbang disekitaran Mars.

Estimasi NASA, Prandtl-m akan mampu terbang dengan jarak terjauh adalah 20 mil diatas 2000 kaki permukaan planet Mars. Berat Drone tersebut diperkirakan 2,6 kilogram, namun nanti akan turun sekitar 1 kilogram karena harus beradaptasi dengan daya gravitasi yang ada di planet Mars.

Saat ini, pihak NASA mengungkap bahwa mereka tidak akan langsung meluncurkan Drone tersebut ke planet Mars dalam waktu dekat. Prandtl-m ini akan diterbangkan ke planet Mars pada tahun 2022.

Prandtl-m masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut, dan dilakukan beberapa tes pengujian drone.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Make Money with Infolinks