Peradaban Lembah Sungai Nil


peradaban sungai nil
Peradaban sungai nil

Herodotus mengatakan bahwa Mesir merupakan hadiah dari Sungai Nil. Penduduk daerah ini hidupnya tergantung pada air Sungai Nil. Pada musim gugur terjadilah banjir yang meggenangi tanah di kanan-kirinya, sedangkan di muaranya terjadi sebuah delta yang sangat subur.

Penduduk membuat saluran untuk mengatur pembagian air yang dikerjakan oleh masyarakat dan diatur oleh satu kekuasaan yang ditaati bersama oleh pemerintah. Hal ini menyebabkan Mesir menjadi daerah pertanian yang subur.

a. Kepercayaan

Masyarakat Mesir memiliki kepercayaan yang bersifat plitheisme. Adapun dewa yang tertinggi adalah Dewa Ra.

Dewa-dewa yang dilambangkan binatang, antara lain sebagai berikut:
  1. Toth : Merupakan dewa kearifan dan pengetahuan, pencipta tulisan, juru tulis resmi di akhirat.
  2. Knun : Sebagai pencipta, digambarkan sebagai domba jantan.
  3. Anubis: Sebagai dewa penjaga akhirat berkepala anjing, penjaga semua makan dan kuburan.
  4. Basset : Dewa delta Sungai Nil, berwujud burung rajawali.

b. Pemerintahan

Mesir memasuki zaman pradinasti pada tahun 3200 SM. Pada waktu itu Mesir terpecah belah menjadi wilayah kecil-kecil yang disebut dengan nomes. Nomes ini dapat berbentuk sebuah desa atau Negara kota yang dipimpin oleh kepala suku. Pada tahun 4000 SM nomes-nomes tersebut bergabung menjadi dua kerajaan besar yaitu Mesir Hilir dan Mesir Hulu.

Raja Mesir yang memerintah berkuasa sejak awal hingga akhir disebut dengan Fir’aun. Untuk menunjukan rasa hormat, rakyat memanggil rajanya Fir’aun. Kedudukan Fir’aun diperoleh secara turun-temurun. Fir’aun harus orang yang pandai serta mengusai berbagai pengatahuan dan keterampilan.

Cara yang dilakukan untuk mendidik calon Fir’aun, ia dididik sebagai wasir (perdana menteri) pengawas pekerjaan umum. Kedudukan Fir’aun yang didukung oleh pendidikan tinggi menempatkan Fir’aun sebagai orang yang serba bisa dalam menangani berbagai masalah.

Dalam perkembangannya selanjutnya, muncullah seorang raja yang kuat dari Kerajaan Mesir Hulu yang bernama Menes. Beliau berhasil menyatukan Mesir Hulu dan Mesir Hilir dan merupakan pendiri dinasti pertama di Mesir.


c. Sistem pertanian dan pengairan

1. Pertanian

Negara mesir disebut hadiah Sungai Nil karena kesuburan tanah negeri ini semata-mata adalah berkat adanya Sungai Nil yang banjir setuap tahun dan meninggalkan lumpur yang subur. Oleh karena itu, sumber pokok kehidupan rakyat Mesir dengan memanfaatkan tanah subur Lembah Sungai Nil adalah bercocok tanam.

2. Pengairan


Sebagai daerah pertanian yang luas dan subur, masyarakat Mesir sangat tergantung pada pengairan Sungai Nil.

d. Seni Bangunan

Bangunan rumah-rumah penduduk di tepi Sungai Nil dibuat dari lempengan lumpur. Karena bagunannya sangat sederhana, maka bangunannya mudah rusak dan hancur. Makam, dan bendungan ditata dengan indah, terlihat dari bagunan kuil, piramida, dan tugu-tugu peringatan. Seni bangunan yang dianggap sudah maju, yaitu sebagai berikut:
  1. Piramida
  2. Kuil


e. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi


1. Matematika

Orang Mesir telah mengenal empat dasar hitungan yaitu penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

2. Kedokteran dan Pengobatan

Dalam bidang kedokteran cara pengobatan masih berbaur dengan ilmu sihir. Menurut orang Mesir, penyakit yang dideritanya adalah akibat dosa. Edwin Smith menemukan buku tentang pengobatan untuk mengatasi cidera. Ebres menemukan buku yang isinya tentang pembedahan, anatomi tubuh, kedokteran, dan farmasi.

f. Aksara

Tulisan yang digunakan bangsa Mesir disebut dengan hieroglif, aksaranya disebut dengan piktograf.

g. Astronomi

Pengalaman orang Mesir dalam memperkirakan musim dan menghitung peredaraan matahari disusun dalam kalender. Perhitungan kalender Syamsiyah ditetapkan 360 hari dalam setahun. Kalender Syamsiyah terdiri dari 12 bulan dalam setahun dengan rincian 30 hari dalam satu bulan.

1 komentar:

  1. TUNGGU APA LAGI SEGERA JOIN BERSAMA AGEN BANDAR ONLINE TERPERCAYA www.Zoya99.com
    RASAKAN SENSASI SELAMA BERMAIN DISINI DAN DAPATKAN BONUS" YANG EXTRA MENARIK HANYA DISINI
    * BONUS ROLINGAN TERBESAR
    * BONUS REFERALL TERBANYAK
    DAN RASAKAN PELAYANAAN CS YANG SANGAT BERPENGALAMAN HANYA DISNI
    INFO SELENGKAPNYA
    BBM: D8B82A86
    LINE: zoya_qq
    WA: +85515370075

    CERITA SEX: http://69zoya.blogspot.com/2017/11/kecanduan-bercinta-bareng-adik-kandung.html

    BalasHapus

Make Money with Infolinks