Berbagai Manfaat Buah Pisang yang Perlu Anda Ketahui

Berbagai Manfaat Buah Pisang yang Perlu Anda Ketahui
Berbagai Manfaat Buah Pisang yang Perlu Anda Ketahui


Tahu kah kamu!? Ternyata buah pisang merupakan buah-buahan yang sering ditemukan di Indonesia. Buah pisang baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil untuk membantu tumbuh kembang janin. Hal ini karena buah pisang memiliki kandungan nutrisi seperti kalium dan juga asam folat. Dan buah pisang membantu tubuh Anda untuk menyimpan cadangan kalsium, fosfor, serta nitrogen, yang berfungsi membangun perbaikan dan regenerasi jaringan pada tubuh.

Adapun kandungan didalam buah pisang antara lain:
  • Vitamin C
  • Vitamin B kompleks
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Magnesium



Berikut manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh Anda:

1. Buah pisang kaya kandungan vitamin dan serat


Ternyata, buah pisang memiliki 2 kali karbohidrat dan 5 kali kandungan vitamin A. Pisang kaya akan kandungan potasium mencapai 400mg, tapi itu hanya pada buah pisang dengan ukuran sedang. Buah sangat baik dikonsumsi untuk tetap menjaga kesehatan jantung.

2. Buah pisang menjadi sumber energi


Kandungan karbohidrat yang terkandung dalam buah pisang ternyata dapat menjadi sumber energi untuk tubuh Anda. Memakan buah pisang dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan menambah energi untuk melakukan aktifitas sehari-hari.

3. Buah pisang dapat menurunkan berat badan


Hey ladies, bagi para ladies yang ingin menurunkan berat badan banyak-banyaklah mengkonsumsi buah pisang. Hal ini karena buah pisang memiliki kandungan kalori yang relatif kecil.

4. Buah pisang dapat meningkatkan kesehatan otak


Selain bermanfaat untuk meningkatkan sismtem imun tubuh Anda, ternyata buah pisang juga dapat menjaga kesehatan pada otak.

5. Buah pisang dapat mengobati jerawat


Bagi Anda yang memiliki masalah pada kulit wajah berjerawat, cobalah untuk cara yang satu ini. Hancurkanlah buah daging buah pisang yang sudah matang, kemudian oleskan ke kulit wajah berjerawat. Diamkan selama beberapa menit dan lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat. Lakukan sehari sekali untuk setiap harinya agar jerawat cepat hilang.

6. Buah pisang dapat menghaluskan kulit


Selain mengobati jerawat buah pisang dapat menghaluskan kulit wajah. Bagi yang bermasalah dengan kulit kasar maupun kering, daging buah pisang menjadi solusinya. Seperti cara mengobati jerawat, pertama hancurkan pisang lalu tambahkan dengan satu sendok madu. Gunakan untuk dijadikan masker pada wajah. Lakukan secara rutin dan kulit wajah akan menjadi halus.
7. Buah pisang dapat mengatasi diabetes

Bagi untuk penderita diabetes, dengan mengkonsumsi pisang khas daerah Gorontalo yaitu goroho yang dikukus dan dicampur dengan kelapa parut muda yang dapat digunakan sebagai makanan tambahan untuk penderita diabetes.

8. Buah pisang dapat menyeimbangkan jumlah cairan tubuh


Tubuh membutuhkan jumlah cairan yang seimbang dan cukup dalam menunjang semua kinerja organ tubuh. Oleh karena itu, kandungan kalium pada pisang berperan penting untuk dapat membantu menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh.

9. Buah pisang dapat mengobati sakit maag


Ternyata, Buah pisang ini dijadikan sebuah solusi pada saat tubuh terserang maag. Hal ini karena buah pisang memiliki kandungan zat penangkal asam dalam tubuh dan sehingga dapat meredakan maag.

10. Buah pisang dapat mengatasi anemia


Buah pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga cocok untuk penderita anemia. Mengkonsumsi 2 buah pisang setiap harinya secara rutin. Manfaat buah pisang untuk mengatasi kekurangan sel darah merah atau anemia.

11. Buah pisang dapat menyehatkan tulang


Mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat berfungsi untuk membantu menyehatkan tulang. Hal ini dikarenakan, buah pisang ini merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi.

12. Buah pisang dapat menyembuhkan luka bakar


Anda dapat menggunakan salah satu bagian tanaman pisang untuk menyembuhkan luka bakar. Caranya, ambil abu daun pisang dan kemudian tambahkan minyak kelapa. Oleskan pada kulit yang terkena luka bakar.

13. Buah pisang dapat mencegah penyakit jantung


Buah pisang ini dapat digunakan untuk mencegah penyakit jantung, hal ini karena buah pisang mengandung kandungan vitamin C dan flavonoid yang bersifat antioksidan serta dapat mencegah proses oksidasi lemak. Kalium yang terkandung dalam buah pisang merupakan suatu tonik yang baik bagi untuk kesehatan jantung. Serat pektin berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.

14. Buah pisang dapat memperlancar sistem pencernaan


Mengkonsumsi buah pisang dengan rutin dapat membantu sistem kinerja pencernaan untuk dapat lebih baik lagi. Sehingga pada akhirnya berbagai nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dapat diserap dan digunakan tubuh secara optimal.

15. Buah pisang dapat meningkatkan mood


Buah pisang bermanfaat membantu meningkatkan suasana hati sehingga mood menjadi stabil dan supaya tidak stres.

16. Buah pisang dapat melancarkan peredaran darah


Buah pisang memiliki kandungan kalium dan potasium yang bermanfaat untuk membantu sirkulasi tubuh. Pada akhirnya peredaran oksigen ke otak menjadi lebih lancar. Kalium juga dapat berfungsi untuk membantu melancarkan denyut jantung, mengurangi resiko terserang stroke, dan mengatur tekanan darah.

17. Buah pisang dapat mengurangi rasa sakit ketika haid




Apabila sering merasa nyeri setiap kali haid, maka atasi masalah tersebut dengan menggunakan buah pisang. Perbanyak mengkonsumsi buah pisang maka rasa nyeri tersebut dapat mungkin berkurang.

18. Buah pisang dapat mengurangi pembekakan


Buah pisang digunakan untuk mengurangi pembengkakan, melindungi resiko diabetes tipe II, memperkuat sistem saraf tubuh, membantu menurunkan berat badan, serta membantu memproduksi sel darah putih. Hal ini dikarenakan tingginya kadar vitamin B-6 dalam buah pisang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Make Money with Infolinks

SEO Stats powered by MyPagerank.Net