Rangkuman Kewarganegaraan - pendidikan

Rangkuman kewarganegaraan - potensi diri
Rangkuman kewarganegaraan - potensi diri


RANGKUMAN

  1. Menurut kamus umum bahasa Indonesia, prestasi diartikan sebagai hasil yang dicapai dari apa yang dikerjakan atau yang sudah diusahakan. Seseorang dianggap berprestasi jika dia telah meraih sesuatu dari apa yang telah diusahakannya, baik melalui belajar, bekerja, berolahraga, dan sebagainya.
  2. Keunggulan berprestasi suatu bangsa diawali dari kualitas dan potensi kehidupan anggota keluarga yang sejahtera. Setiap warga negara yang berprestasi akan mampu mengangkat harkat dan martabat bangsanya.
  3. Tujuan pendidikan nasional yaitu, "manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
  4. Hal-hal yang perlu kita jauhi dalam upaya meraih prestasi diri bagi keunggulan suatu bangsa, adalah menjauhkan diri dari sikap dan perbuatan negatif, seperti berbuat anarkis, bermalas-malasan, melanggar norma-norma kehidupan, membuat kekacauan, dan sebagainya.
  5. Seseorang yang berprestasi secara umum memiliki potensi sebagai berikut :
  • Memiliki sifat idealisme yang tinggi
  • Memiliki potensi yang bersifat dinamis dan kreatif
  • Memiliki bakat
Selain itu adapun macam-macam potensi diri yang dimiliki setiap orang antara lain :

  1. Potensi fisik
  2. Potensi mental intelektual
  3. Potensi sosial emosional
  4. Potensi mental spiritual
  5. Potensi ketahanmalangan

Peranan warga negara Indonesia untuk mewujudkan prestasi diri :

- dapat dilakukan melalui berbagai aktifitas sesuai kemampuannya. Misalnya seperti sebagai guru, pelajar, petani, pedagang, seniman, karyawan, menjadi programmer dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Make Money with Infolinks