Ada Banyak Manfaat Buah Kurma yang Dapat Anda Temukan

Manfaat Buah Kurma
Manfaat Buah Kurma


Berikut beberapa manfaat buah kurma yang telah diketahui, antara lain :

1. Mencegah rematik


Buah yang berasal dari Timur Tengah ini punya kemampuan untuk mencegah terjadinya rematik? Ini karena buah kurma mengandung banyak mineral yang penting untuk kesehatan terutama tulang dan otot. Makan 15 buah kurma setiap hari dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan mineral penting seperti kalsium, kalium, magnesium, sulfur dan boron.

2. Serat terbaik untuk usus


Usus yang bekerja terus menerus harus dibersihkan dari sisa-sisa makanan supaya kinerjanya kembali optimal. Dan sisa-sisa makanan yang menempel pada dinding usus tidak menimbulkan penyakit. Serat adalah salah satu zat yang berfungsi membersihkan usus. Kurma mengandung serat larut dalam bentuk pektin yang lebih banyak dibanding buah-buahan lain. Selain itu, serat yang terdapat pada buah yang belum matang juga berfungsi sebagai prebiotik yang mendukung pertumbuhan bakteri baik yang sangat dibutuhkan oleh sistem pencernaan.

3. Mencegah kanker otak


Buah kurma mengandung mineral yang cukup tinggi dan kaya. Diantaranya magnesium, sulfur, potassium, kalsium dan boron yang berfungsi juga untuk pencegahan kanker otak. Dengan mengkonsumsi 15 butir kurma setiap hari, Anda sudah bisa memenuhi hingga 80% kebutuhan magnesium dan 70% kebutuhan sulfur.

4. Sebagai sumber energi


Selain sumber serat yang baik, kurma juga merupakan sumber energi yang efektif. Dengan mengkonsumsi 100 gram buah kurma segar Anda dapat memenuhi kebutuhan energi harian hingga 12 hingga 15 persen. Jika anda mengkonsumsi kurma kering, kandungan antioksidannya menjadi berkurang. Kurma merupakan sumber energi instan, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang pada saat berbuka puasa.

5. Sumber antioksidan


Seperti yang sudah disebutkan di atas, kurma merupakan sumber antioksidan yang sangat bagus. Dimana fungsi antioksidan sendiri melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Secara tidak langsung, mengkonsumsi buah kurma juga membantu diri Anda terhindar dari resiko berbagai jenis kanker. Zat-zat fitokimia yang terdapat pada kurma antara lain polifenol, sterol, tanin, dan karoten.

6. Mengobati demam berdarah


Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah kurma dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit pada pasien penderita demam berdarah. Persentase peningkatan kadar trombosit dengan pemberian sari kurma adalah 23.90% per hari, sedangkan peningkatan kadar trombosit tanpa konsumsi sari kurma adalah 8.09% per hari. Kandungan sari kurma yang diduga turut berperan dalam meningkatkan produksi trombosit adalah sejumlah karbohidrat seperti manosa, galaktosa, arabinosa, dan xilosa sebagai bahan penyusun granula trombosit.

7. Mencegah resiko stroke


Resiko stroke bisa dikurangi hingga 40% dengan cara mengkonsumsi kalium sebanyak 400 mg/100 gram per hari. Kebutuhan kalium tersebut bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi minimal 5 butih kurma basah setiap hari. Jika Anda ingin mendapatkan jumlah yang lebih banyak bisa mengkonsumsi jus sari buah kurma yang saat ini sudah beredar di pasaran. Namun, pastikan keasliannya dengan membeli di tempat-tempat yang terpercaya dan dapat dipertanggunjawabkan.

8. Meningkatkan daya ingat dan kerja otak


Manfaat buah kurma yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan daya ingat dan juga meningkat kinerja otak. Hal ini karena kandungan kalium yang tinggi pada kurma dapat melancarkan distribusi oksigen ke otak dan memperlancar keseimbangan cairan tubuh.

9. Membantu perkembangan otot


Siapa yang menyangka kalau salah satu manfaat buah kurma adalah membantu perkembangan otot? Hal ini karena kurma segar memiliki kandungan protein yang lebih besar dibanding dengan buah-buahan yang lain. Dalam buah kurma juga terkandung lysine yang berfungsi sebagai stimulan otot untuk berkembang. Nah, kandungan lysine pada kurma ini jauh lebih besar dibanding buah-buahan lain seperti jeruk misalnya. Namun, harap dicatat, bahwa kandungan protein pada kurma kering sudah mengalami penurunan dibanding versi segarnya. Jadi, jika meninginkan manfaat kurma sebagai pembantu perkembangan otot, gunakan kurma segar.

10. Kurma untuk kulit


Selain mencegah penggumpalan darah, asam salisilat pada kurma juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Dalam dunia kecantikan, asam salisilat juga digunakan untuk membersihkan kulit dari berbagai masalah seperti jerawat, komedo dan kelebihan minyak.

Sumber : manfaatnyasehat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Make Money with Infolinks

SEO Stats powered by MyPagerank.Net